Selasa, 04 Maret 2014

Bank soal Ushul Fiqh MA XI TP.2013-2014

BANK SOAL SEMESTER GENAP MA DI PUTRA NURUL HAKIM
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e didepan jawaban yang paling benar !


1.  Berikut ini yang bukan istilah  sumber hukum i Islam adalah……
     a. mashadirul-ahkam
     b. ahkamus as-syar’iyah
     c. adilalatul-ahkam
     d. ushulul-ahkam
     e. fiqhul-ahkam

2. Berikut ini yang tidak didunakan   Imam syafii sebagai dalil syara’ adalah….
     a. ‘Urf
     b. al-Ijma’
     c. al-Qiyas
     d. as-sunnah
     e. ar-Ra’yu

3. Dalil syara’ menurut Ulama’ Hanafi yang tidak dipakai Imam syafii adalah ….
     a. Ijma’dan ‘Urf
     b. qiyas dan Istihsan
     c. istihsan dan ‘urf
     d. qiyas dan ‘urf
     e. istihsan
                                                                     
4. Firman Alloh dalam surat al maidah ayat 6 merupakan salah satu contoh hukum
     a. wadl’i
     b. Islam
     c. taklifi
     d. sunnah
     e. tahrim

5. shalat menjadi sebab diwajibkannya berwudlu merupakan salah satu contoh hukum....
     a. taklifi
     b. wad’i
     c. khufi
     d. sunnah
     e. tafsili


6. Orang mukallaf yang perbuatannya berhubungan dengan hukum syara’......
     a. mahkum alaih
     b. mahkum bih
     c. mahkum ilaih
     d. mahkum fiih
     e. taklifi
7. Kelayakan seorang disebabkan layaknya ada hak-hak dan kewajiban padanya adalah pengertian ….
     a. ahliyatul-sunnah
     b. ahliyatul-makruh
     c. ahliyatul-wujub
     d. ahliyatul-ada’
     e. ahliyatul-nadb

8. Kelayakan seorang diberikan bebans ehingga  dianggap pantas menurut syara’ berkaitan dengan perkataan dan perbuatannya  adalah pengertian ….

     a. ahliyatul-sunnah
     b. ahliyatul-makruh
     c. ahliyatul-wujub
     d. ahliyatul-ada’
     e. ahliyatul-nadb

9. Berikut ini yang bukan syarat Ijtihad adalah mengusai........
     a. bahasa arab dengan baik dan benar
     b. ilmu sihir
     c. dengan baik kandungan al-qur’an
     d. Ushul Fiqh
     e. rahasi-rahasia syara’

10. Mujtahid yang tidak tergantung pada Mazhabnya sendiri adalah mujtahid
     a. amatir
     b. senior
     c. junior
     d. mutlaq
     e. kelompok
11. Berikut ini yang bukan dasar-dasar fikih adalah....
     a. istihsan
     b. istilah
     c. istishab
     d. ’Urf
     e. ar-ra’yu

12. sumber hukum yang berasal dari maslahah mursalah hanya digunakan oleh.....
     a. Imam Syafi’i
     b. Imam Hanafi
     c. Imam Malik
     d. Imam Hambali
     e. Imamiyah

13. Kata maslahah dalam maslahah mursalah bersal dari kata.....
     a. al-aslah
     b. masalah
     c. salah
     d. salih
     e. sulih

14. Yang menjadi adat kebiasaan ummat muslimin dan tidak bertentangan dengan hukum Islam, tidak menghalalkan perkara haram dan tidak menhalalkan perkara wajib merupakan pengertian dari ........
     a. istihsan
     b. maslahah mursalah
     c. istishab
     d. ’Urf
     e. ar-ra’yu

15. Orang yang berkemampuan mengijtihadkan masalah syariat yang hasilnya diikuti dan dijadikan pedoman oleh orang-orang yang tidak sanggup berijtihad disebut.....
     a. mujtahid fis syar’i
     b. mujtahid fil masail
     c. mujtahid fil mazhab
     d. mujtahid muqayyad
     e. mujtahid murajih

16. Pemeliharaan  terhadap tujuan syara’ adalah maksud  maslahahyang dikemukakan oleh .....
     a. al-Kindi
     b. Ibnu Rusyd
     c. al-Ghazali
     d. al-Mu’tasim
     e. Abdul Wahhab Khallaf

17. Membuat bui atau mengguhkan pidana adalah contoh........
     a. maslahah mursalah
     b. sadduz zara’i
     c. ’Urf
     d. istihsan
     e. ijma’

18. Hakim dapat menolak permintaan ahli membagi harta orang yang pergi tanpa berketentuan (mafqud) dan belum diketahui akan kematiannya merupakan salah satu contoh...
     a. istishab
     b. syr’u man qablana
     c. ijma’
     d. ijtihad
     e. istihsan

19. Kebiasaan yang berupa perbuatan, seperti kebiasan jual beli dalam masyarakat tanpa mengadakan shighat jual beli(ijab kabul) merupakan contoh....
     a. istishab
     b. syr’u man qablana
     c. qiyas
     d. sadduz zara’i     
     e. istihsan

20. Pencurahan segenap kemampuan untuk mendapatkan hukum syara’ yang amali dengan menetapkan kaidah syar’iyah kulliyah disebut....
     a. ijtihad
     b. istihsan
     c. istishab
     d. ’urf
     e. sadduz zara’i


21. Kaidah Ushuliyah merupakan kaidah......
a. digunakan untuk membantupara ahli hukum Islam mengeluarkan dalil hukum dari nas
b. sebagai ilmu bantu untuk mencari dalil-dalil hukum dari aspek lafaz dalam nas
c. sebagai dalil penguat terhadap persoalan hukum yang dibuat oleh ahli hukum Islam ( Fuqaha)
d. semua adalah benar
e. untuk membatalkan  hasil ijtihad yang telah tetap

22. Kaidah-kaidah hukum Islam yang dipetik dari bahasa arab itu sendiri disebut...
     a. ushul fiqh
     b. ushul ahkam
     c. kaidah fiqhiyah
     d. ayat-ayat sederhana
     e. kaidah kulliyah
23. Lafaz zahir ...diamalkan sesuai dengan makna yang dikehendakinya selama tidak ada dalil yang menkwilkannya atau menasakhnya.
     a. Wajib
     b. sunnah
     c. mubah
     d. makruh
     e. dilarang

24. Berikut ini yang termasuk kaidah ushul adlah.....
     a. hukum pokok menujukkan wajib
     b. kewajiban harus dikerjakan
     c. wajib menjadi syarat dikerjakan
     d. kewajiban adalah tuntan untuk dikerjakan
e. menolak kewajiban diganti dengan menunaikan yang lain

25. Petunjuk an-nahyu ditandai dengan lafal....
     a. an-nadyu
     b. an-naru
     c. an nahyu
     d. an-nahwu
e. al-amar

Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat !
1.  Apakah yang kamu ketahui tentang mahkum fiih dan mahkum alaih  ?
2.  Jelaskan perbedaan antar hukum taklifi dan hukum wad’i  !
3.  Apakah yang kamu ketahui ahliyatul wujub ?
4.  Jelaskan apa yang apa yang dimaksud qaidah Ushuliyah  !
5.  sebutkan obyek bahasan qaidah Ushuliyah  !




KUNCI JAWABAN

No
Jawaban
No
Jawaban
No
Jawaban
1
A
11
B
21
C
2
A
12
C
22
A
3
C
13
A
23
C
4
A
14
D
24
A
5
B
15
A
25
C
6
A
16
E


7
C
17
A


8
D
18
E


9
B
19
A


10
D
20
A



 ESSAI
1. mahkum fiih adalah perbuatan seorang mukallaf yang terkait dengan perintah  syari (Allah dan Rasul) baik yang bersifat tuntutan mengerjakan tuntutan meninggal dan tuntutan mimilih suatu pekerjaan  serta bersifat syarat, sebab,halangan,azimah,rukhsah, sah atau batal . sedangkan yang dimaksud dengan mahkum alaih  adalah seseorang yang perbuatan dikenai khitob Alloh yang disebut mukallaf
2. Hukum taklifi adalah : khitab syar’i yang menuntut manusia untuk melakukan atau meninggalkan  sesuatu,atau memilih anatar berbuat dan  meninggalkan nya. sedangkan Hukum wad’i  adalah : khitab syar’i yang menuntut menjadikan sesuatu sebagai sebab,syarat,atau penghalang dari sesutau yang lain.

3.  Ahliyatul wujub  adalah: Sifat kecakapan seseorang untuk menerima hak-hak yang menjadi haknya, namun belum mampu dibebani seluruh kewajiban .
4. Qaidah Ushuliyah (Ushul Fiqh) adalah kaidah-kaidah untuk mengetahui dalil-dalil hukum asal, yakni firman Allah swt.
5. Obyek Kaidah Ushuliyah (Ushul Fiqh) adalah yang berhubungan dengan lafal-lafal dalam wahyu, seperti lafal yang menunjukkan kejelasan, ketidak jelasan, atau perinatah dan larangan.































































































4 komentar:

  1. alhamdulillah, ijin copas, semoga Alloh menjadikan sebagai pahala jariyah antum

    BalasHapus
  2. Saya juga izin copas ya.. Jazakallah khoir..

    BalasHapus
  3. Saya juga izin copas ya.. Jazakallah khoir..

    BalasHapus
  4. alhamdulillah, izin copas ya, jazakumullah khoir

    BalasHapus