BANK SOAL SEMESTER GENAP MA DI PUTRA
NURUL HAKIM
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d
atau e didepan jawaban yang paling benar !
1. Berikut ini yang bukan
istilah sumber hukum i Islam adalah……
a. mashadirul-ahkam
b. ahkamus as-syar’iyah
c. adilalatul-ahkam
d. ushulul-ahkam
e. fiqhul-ahkam
2. Berikut ini
yang tidak didunakan Imam syafii
sebagai dalil syara’ adalah….
a. ‘Urf
b. al-Ijma’
c. al-Qiyas
d. as-sunnah
e. ar-Ra’yu
3. Dalil syara’
menurut Ulama’ Hanafi yang tidak dipakai Imam syafii adalah ….
a. Ijma’dan ‘Urf
b. qiyas dan Istihsan
c. istihsan dan ‘urf
d. qiyas dan ‘urf
e. istihsan
4. Firman Alloh dalam surat al maidah ayat 6 merupakan salah satu contoh
hukum
a. wadl’i
b. Islam
c. taklifi
d. sunnah
e. tahrim
5. shalat menjadi sebab diwajibkannya berwudlu merupakan salah satu contoh hukum....
a. taklifi
b. wad’i
c. khufi
d. sunnah
e. tafsili
6. Orang mukallaf yang perbuatannya berhubungan dengan hukum syara’......
a. mahkum alaih
b. mahkum bih
c. mahkum ilaih
d. mahkum fiih
e. taklifi
7. Kelayakan seorang disebabkan layaknya ada hak-hak dan kewajiban
padanya adalah pengertian ….
a. ahliyatul-sunnah
b. ahliyatul-makruh
c. ahliyatul-wujub
d. ahliyatul-ada’
e. ahliyatul-nadb
8. Kelayakan
seorang diberikan bebans ehingga
dianggap pantas menurut syara’ berkaitan dengan perkataan dan
perbuatannya adalah pengertian ….
a. ahliyatul-sunnah
b. ahliyatul-makruh
c. ahliyatul-wujub
d. ahliyatul-ada’
e. ahliyatul-nadb
9. Berikut ini yang bukan syarat Ijtihad
adalah mengusai........
a. bahasa
arab dengan baik dan benar
b. ilmu
sihir
c. dengan
baik kandungan al-qur’an
d. Ushul
Fiqh
e. rahasi-rahasia
syara’
10. Mujtahid yang tidak tergantung pada
Mazhabnya sendiri adalah mujtahid
a. amatir
b. senior
c. junior
d. mutlaq
e. kelompok
11. Berikut ini yang bukan dasar-dasar fikih adalah....
a. istihsan
b. istilah
c. istishab
d. ’Urf
e. ar-ra’yu
12. sumber hukum yang berasal dari maslahah mursalah hanya digunakan
oleh.....
a. Imam
Syafi’i
b. Imam
Hanafi
c. Imam
Malik
d. Imam
Hambali
e. Imamiyah
13. Kata maslahah dalam maslahah
mursalah bersal dari kata.....
a. al-aslah
b. masalah
c. salah
d. salih
e. sulih
14. Yang menjadi adat kebiasaan ummat muslimin dan tidak bertentangan
dengan hukum Islam, tidak menghalalkan perkara haram dan tidak menhalalkan
perkara wajib merupakan pengertian dari ........
a. istihsan
b. maslahah mursalah
c. istishab
d. ’Urf
e. ar-ra’yu
15. Orang yang berkemampuan mengijtihadkan masalah syariat yang hasilnya
diikuti dan dijadikan pedoman oleh orang-orang yang tidak sanggup berijtihad
disebut.....
a. mujtahid
fis syar’i
b. mujtahid
fil masail
c. mujtahid
fil mazhab
d. mujtahid
muqayyad
e. mujtahid
murajih
16. Pemeliharaan terhadap tujuan syara’
adalah maksud maslahahyang dikemukakan
oleh .....
a. al-Kindi
b. Ibnu
Rusyd
c. al-Ghazali
d. al-Mu’tasim
e. Abdul
Wahhab Khallaf
17. Membuat bui atau mengguhkan pidana adalah contoh........
a. maslahah mursalah
b. sadduz
zara’i
c. ’Urf
d. istihsan
e. ijma’
18. Hakim dapat menolak permintaan ahli
membagi harta orang yang pergi tanpa berketentuan (mafqud) dan belum diketahui
akan kematiannya merupakan salah satu contoh...
a. istishab
b. syr’u
man qablana
c. ijma’
d. ijtihad
e. istihsan
19. Kebiasaan yang berupa perbuatan, seperti
kebiasan jual beli dalam masyarakat tanpa mengadakan shighat jual beli(ijab
kabul) merupakan contoh....
a. istishab
b. syr’u
man qablana
c. qiyas
d. sadduz
zara’i
e. istihsan
20. Pencurahan segenap kemampuan untuk
mendapatkan hukum syara’ yang amali dengan menetapkan kaidah syar’iyah kulliyah
disebut....
a. ijtihad
b. istihsan
c. istishab
d. ’urf
e. sadduz
zara’i
21. Kaidah Ushuliyah merupakan kaidah......
a. digunakan untuk membantupara ahli hukum
Islam mengeluarkan dalil hukum dari nas
b. sebagai ilmu bantu untuk mencari
dalil-dalil hukum dari aspek lafaz dalam nas
c. sebagai dalil penguat terhadap persoalan
hukum yang dibuat oleh ahli hukum Islam ( Fuqaha)
d. semua adalah benar
e. untuk membatalkan hasil ijtihad yang telah tetap
22. Kaidah-kaidah hukum Islam yang dipetik dari bahasa arab itu sendiri
disebut...
a. ushul
fiqh
b. ushul
ahkam
c. kaidah
fiqhiyah
d. ayat-ayat
sederhana
e. kaidah
kulliyah
23. Lafaz zahir ...diamalkan sesuai dengan
makna yang dikehendakinya selama tidak ada dalil yang menkwilkannya atau
menasakhnya.
a. Wajib
b. sunnah
c. mubah
d. makruh
e. dilarang
24. Berikut ini yang termasuk kaidah ushul adlah.....
a. hukum
pokok menujukkan wajib
b. kewajiban
harus dikerjakan
c. wajib
menjadi syarat dikerjakan
d. kewajiban
adalah tuntan untuk dikerjakan
e. menolak kewajiban diganti dengan menunaikan
yang lain
25. Petunjuk an-nahyu ditandai dengan lafal....
a. an-nadyu
b. an-naru
c. an
nahyu
d. an-nahwu
e. al-amar
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan
tepat !
1.
Apakah yang kamu ketahui tentang mahkum fiih dan mahkum alaih ?
2. Jelaskan
perbedaan antar hukum taklifi dan hukum wad’i !
3.
Apakah yang kamu ketahui ahliyatul wujub ?
4. Jelaskan
apa yang apa yang dimaksud qaidah Ushuliyah !
5.
sebutkan obyek bahasan qaidah Ushuliyah
!
KUNCI JAWABAN
No
|
Jawaban
|
No
|
Jawaban
|
No
|
Jawaban
|
1
|
A
|
11
|
B
|
21
|
C
|
2
|
A
|
12
|
C
|
22
|
A
|
3
|
C
|
13
|
A
|
23
|
C
|
4
|
A
|
14
|
D
|
24
|
A
|
5
|
B
|
15
|
A
|
25
|
C
|
6
|
A
|
16
|
E
|
|
|
7
|
C
|
17
|
A
|
|
|
8
|
D
|
18
|
E
|
|
|
9
|
B
|
19
|
A
|
|
|
10
|
D
|
20
|
A
|
|
|
ESSAI
1. mahkum fiih adalah perbuatan seorang
mukallaf yang terkait dengan perintah
syari (Allah dan Rasul) baik yang bersifat tuntutan mengerjakan tuntutan
meninggal dan tuntutan mimilih suatu pekerjaan
serta bersifat syarat, sebab,halangan,azimah,rukhsah, sah atau batal .
sedangkan yang dimaksud dengan mahkum alaih
adalah seseorang yang perbuatan dikenai khitob Alloh yang disebut mukallaf
2. Hukum taklifi adalah : khitab syar’i yang
menuntut manusia untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu,atau memilih anatar berbuat dan meninggalkan nya. sedangkan Hukum wad’i adalah : khitab syar’i yang menuntut
menjadikan sesuatu sebagai sebab,syarat,atau penghalang dari sesutau yang lain.
3. Ahliyatul wujub adalah: Sifat kecakapan seseorang untuk
menerima hak-hak yang menjadi haknya, namun belum mampu dibebani seluruh
kewajiban .
4. Qaidah Ushuliyah (Ushul Fiqh) adalah
kaidah-kaidah untuk mengetahui dalil-dalil hukum asal, yakni firman Allah swt.
5. Obyek Kaidah Ushuliyah (Ushul Fiqh) adalah
yang berhubungan dengan lafal-lafal dalam wahyu, seperti lafal yang menunjukkan
kejelasan, ketidak jelasan, atau perinatah dan larangan.
alhamdulillah, ijin copas, semoga Alloh menjadikan sebagai pahala jariyah antum
BalasHapusSaya juga izin copas ya.. Jazakallah khoir..
BalasHapusSaya juga izin copas ya.. Jazakallah khoir..
BalasHapusalhamdulillah, izin copas ya, jazakumullah khoir
BalasHapus