SOAL TRY OUT ILMU HADIS MA,XII. 2013/2014
Berilah tanda silang (x) pada huruf
a, b, c, d.atau e didepan jawaban yang paling benar !
من اطاعني دخل الجنة .......
1). Orang yang akan masuk surga menurut
penggalan hadis diatas adalah mereka yang
:
a. Lebih banyak kebaikannya daripada kejelekannya.
b. Orang yang taat kepada Alloh
c. Orang yang taat kepada Rasul Muhammad saw.
d. orang yang berimandan beramal shaleh
e. Orang taat
kepadaku masuk surga
2). “Orang yang mau masuk surga “ kata Rasululloh saw. Adalah orang
yang taat kepadaku, yaitu mengikuti sunnah dan ajaranku, sedangkan orang yang
tidak mau adalah orang yang ......
a. maksiat atau
durhaka kepaku
b. menyekutukan Alloh.
c. enggan berbuat kebaikan
d. banyak berbuat dosa kepada sesama manusia
e. timbangan kebaikannya lebih sedikit daripada kejelekannya
3).
Tingkat keimanan sesorang yang tertinggi adalah
:
a. beramal ma’ruf nahi mungkar
b. mengisi hidup dengan amal saleh dan zikir
c. taat
kepada Alloh dan Rasulnya diatas
segal-galanya
d. menjunjung tinggi al-qur’an dan sunnah
e. menghindarkan diri dari segala dosa dan segala bentuk
kemaksiatan
4). Penjelasan Rasululloh saw. Kepada para shabatnya,dalam meneyelesaikan
permasalahan- permasalahan yang dihadapi selalu menekankan سمعنا واطعنا
sehingga hikmah yang bisa kita ambil adalah :
a. menerima segala sesuatu dengan mentah-mentah
b. dalam hal keimanan selalu menerima dengan terbuka
c. mendengarkan
dan menaati Rasul
d. aktif dan berfikir kritis terlebih dahulu
e. Kita mentaati perintah jika sesuai dengan logoka
5). Semua ummat nabi berhak masuk surga kecuali yang tidak mau,
mereka yang tidak mau maksudnya adalah :
a. orang-orang kafir b.
Orang yang banyak dosanya
c. Orang yang berbuat fasik
d. orang yang
tidak taat kepada Alloh dan Rasul saw.
E. Orang-orang yang zalim
6).
Faktor-faktor intern yang mempengaruhi seorang kufur kepada Alloh adalah :
a. keturunan b. Kekuasaan c. Lemahnya mental
d. Tidak mempunyai prinsip hidup e.
Lingkungan.
7). Peranan orang tua dalam membina
iman anak dapat dilakukan dengan ;
a. memberikan bacaan yang bermutu b. Memberikan nasehat dan
ceramah
c. memarahi bila anak bersalah
d. Memberi pujian dan hadiah pada anak yang rajin beribadah
e. Mengajak, menasehati, dan memberi keteladanan
8). Hukum beramar ma’ruf nahi mungkar bagi setiap muslim adalah
.....
a. Fardlu
kifayah b. Fardlu ain c. Sunnah. D. Sunnah muakkad e. Mubah
9). Mendorong orang untuk melakukan perbuatan yang disuruh agama
disebut
a. amalan maqbulan b.
Amalan solihan c. Amalan muda’afan d. Amar ma’ruf
e. nahi mungkar
10). Yang dimaksud ungkapan da’wah bil hal adalah....
a. da’wah dengan
prbuatan b. Dakwh dengan ucapan
c. Dakwah dengan paksaan d.
Dakwah dengan harga
e. Dakwah dengan frovokasi
11).
Maksud kalimah yang bergaris dibawah ini
adalah........
والذي نفسي بيدده لتأمرن بالمعروف ............
a. Janji Kepada Alloh swt.
B. Sumpah kepada
Alloh swt.
C. Diriku dikuasai oleh Alloh swt.
D. Kekuasaan Alloh.
E. Dan demi zat yang diriku dalam kekuasaan Alloh.
12).
Lafal matan hadis dibawah ini artinya adalah .......
ليوشكن الله ان يبعث
عليكمعقابا منه .......
a. Sungguh Alloh. Akan memperlambat
b. Sungguh Alloh
akan mempercepat
c, sungguh Alloh akan mempersempit.
d. Sungguh Alloh. Akan membinasakan
e. Sungguh Alloh. Akan memperluas.
13).
Hadis tentang kewajiban amar ma’ruf nahi mungkar diriwayatkan oleh ....
a. Ahmad b. Bukhari c. Muslim d. Tirmizi e.
Bukhari dan Muslim
14).
Tingkatan da’wah yang paling rendah adalah adalah dakwah dengan........
a. pikiran b. Hati c.
Tangan. D. Kekuatan e. Lisan
15).
Perhatikan matan hadis berikut ini وافعاله اني كنت آمر
بالمعروفولا افعله وانهى عن المنكر.........
Penggalan hadis diatas menjelaskan bahwa semestinya berdakawah
bukanlah kewajiban orang lain
tetapi.....
a. Kewajiban keluarga b.
Kewajiban tetangga
c. Kewajiban saudara d. Kewajiban dii isendiri e. Kewajiban sahabat dekat
16).
Perhatiakan urutan hadis berikut .والرجل راع في
اهله وهو مسئول عن رعيته
.........................
Arti dari matan hadis yang bergaris dibawah ini. Adalah...........
a. Seorang suami menjadi pemeimpin bagi keluarganya
b. Seorang
laki-laki menjadi pemeimpin bagi keluarganya
c. Seorang laki-laki menjdi pemimpin bagi kedua orang tuanya
d. Seorang menjadi pemimpin bagi masyaraktnya
e. Seorang suami menjdi pemimpin bagi istrinya
17). والرجل راع في مال ابيه
Hadis tersebut diatas mengandung maksud bahwa diantara kewajiban
anak terhadap orang tua dalah .....
a. memberi nafkah b.
Memelihara hartanya c. Mengikuti
nasehatnya d.
Membelikan rumah e.
Jangan berkata hus
18). Kesimpulan hadis tentang tangguang jawab manusia
adalah.........
a. setiap manusia pasti mempunyai tanggung jawab
b. sikap tanggung jawab wajib ditunjukkan kepada orang lain
c. tidak semua orang harus bertanggung jawab atas perbuatannya
d. didunian
semua orang harus bisa bertanggung jawab
e. bertanggung jawab adalah hak setiap manusia
19). Lafal سلامى artinya
a. organ tubuh hewan b. Organ tubuh manusia c.
Organ tumbuh-tumbuhan d.
,organ tubuh bakteri e.
Organ tubuh makhluk ghaib
20). lafal يعدل berikut artinya .......
a. adil b. Tengah-tengah c. Sama rata d. Seimbang e.
Tidak berat sebelah
21). يعدل بين النا س صدقت
Terjemah matan hadis diatas adalah
mendamaikan antara sesama manusia yang beretengkar secara adil dan benar
adalah ....
a. Sedekah b.
Pahala c. Kebaikan d. Amal saleh e. Kewajiban
22). Lafal yang berbunyi وينمي artinya adalah .......
a. menyampaikan
kebaikan b.
Menyampaikan keadilan c. Menyampaikan
kejujurun d. Menyampaikan amanah e. Meyampaikan hak
23). Lafal يرخس dalam hadis yang sama artinya adalah......
a.
memperbolehkan b. Melarang c. Menganjurkan d. Mewajibkan
e. Memerintahkan
24). Yang dimaksud dengan adil adalah ......
a. membagi sesuatu dengan sama rata
b. Membalas orang yang berjasa kepada kita
c. Menukar barang dengan harga seimbang
c. Menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya
e. Menempatkan
sesuatu pada tempatnya
25). Hadis tentang aturan
berlaku jujur diriwayatkan oleh .......
a. Bukhari dan Muslim b. Muslim c.
Ibnu Majjah. D. Imam Nasa’i e. Abu Daud
26). Arti potongan hadis yang berbunyi اياكم والكذب
adalah........
a. Jauhkan
olehmu berdusta b. Hindarilah
olehmu api neraka
c. Jauhkan olehmu kejahatan d.
Hindarilah olehmu bentuk kesengsaraan
e. Hindarilah olehmu
kejahatan
27). Memberikan kepada orang lain sesuai dengan haknya
(profesional) disebut.....
a. Islam b.
Ikhlas c. Iman d.
Adil e. Ihsan
28). Dalam memetapkan hukum seorang hakim harus berlaku .........
a. adil b. Memihak salah satu c. Jujur untuk memihak d. Tidak adil e. Memilih yang kuat
29). وان الكذب يهدي الى الفجور وان
الفجور..........
a. يهدي الي النار b.
ليهدي الي الي الجنة C. يهدي الي الفجور D. الي الجنة والنار. يهدي الي الي الجنة e. يهدي الي القبور
30). Tanda-tanda kejujuran adalah :
a. Sesuatu yang jernih dan
suci b. Sesuatu yang
meragukan
c. Sesuatu yang meresahkan d. Sesuatu yang jelas dan tidak meragukan
e. . Sesuatu yang tidak
jelas dan tidak meragukan
31). Hadis berarti sesuatu yang baru (al- Jadid ) pengertian itu
merupakan pengertia hadis secara.
a. Terminologi b.
Efistimologi c. Etimologi
d. Filosofi e. Empirik
32). Segala ucapan, perbuatan, serta keadaan atau perilaku
Rasululloh saw. Adalah pengertian dari ......
a. sunnah b. Hadis c.
Kabar d. Atsar e. Qudsi
33). Segala yang diriwayatkan dari nabi Muhammad saw. Baik
perkataan maupun perbuatan beliau sedangkan hadis hanya khusus mengenai perkataan beliau, makna dari ....
a. sunnah b. Hadis c. Kabar d.
Atsar e. Qudsi
34). Ilmu yang mencakup pembahasan tentang segala sesuatu yang
dinukilkan/diriwayatkan dari nabi Muhammad saw. Baik mengenai perkataaan,
perbuatan, ketetapan maupun sifat-sifat beliau adalah....
a. ilmu riwayah
hadis b. Ilmu hadis diroyah c. Ilmu asbab wurud al hadis d. Ilmu mukhtalif al hadis e.
Ilmu aljarh wa atta’dil
35). Ilmu untuk mengetahui keadaan sanad atau matan , cara menrima
dan meriwayatkan hadis serta sifat-sifat
para perawi hadis disebut......
a. ilmu diroyah
hadis b. Ilmu riwayah hadis c. Ilmu asbab wurud al hadis
d. Ilmu mukhtalif al hadis e.
Ilmu aljarh wa atta’dil
36). Ilmu jarh wa at ta’dil mempunyai makna ilmu yang membahas
a. periwayatan b.
Keburukan c. Kebaikan d. Keshahihan
hadis
e. Pembagian hadis
37) Ilmu mustalahal hadits
biasa diberi batasan ……..
A. Ilmu Awallussanad.
B. Ilmu Kaifiatuttahammul
C. Ilmu Hadits diroyah
D. Ilmu Bayanirrowi
E. Ilmu Hadits riwayah.
A. Ilmu Awallussanad.
B. Ilmu Kaifiatuttahammul
C. Ilmu Hadits diroyah
D. Ilmu Bayanirrowi
E. Ilmu Hadits riwayah.
38) suatu ilmu tentang cara
penukilan pemeliharaan dan pembukuan perkataan, perbuatan dan lainnya mengenai
nabi Saw.
Definisi diatas adalah batasan dari ….
A. Ilmu hadits diroyah
B. Ilmu hadits maqbulah
C. Ilmu hadits riwayah
D. Ilmu hadits mardudah
E. Ilmu rijalul hadits
Definisi diatas adalah batasan dari ….
A. Ilmu hadits diroyah
B. Ilmu hadits maqbulah
C. Ilmu hadits riwayah
D. Ilmu hadits mardudah
E. Ilmu rijalul hadits
39) Penulis pemula Ilmu hadits
riwayah adalah …
A. Muhammad syihab ar Rozi
B. Muhammad Hasan Ramaharmuzy
C. Abu Hasan Ibnu Abdurahman
D. Ibnu Shihab Azzuhri
E. Al-Qodli abu Muhammad ar raz
A. Muhammad syihab ar Rozi
B. Muhammad Hasan Ramaharmuzy
C. Abu Hasan Ibnu Abdurahman
D. Ibnu Shihab Azzuhri
E. Al-Qodli abu Muhammad ar raz
40) Obyek dari ilmu hadits
diroyah adalah ….
A. Semua perawi-perawi hadits
B. Semua sanad sanad hadits
C. Semua matan-matan hadits
D. Sanad dan matan yang ditinjau shoheh dan hasan
E. Semua sahabat-sahabat perawi hadits
A. Semua perawi-perawi hadits
B. Semua sanad sanad hadits
C. Semua matan-matan hadits
D. Sanad dan matan yang ditinjau shoheh dan hasan
E. Semua sahabat-sahabat perawi hadits
41) Cara-cara menerima hadist
& menyampaikan kepada orang lain, banyak cara, dan yang tidak popular….
A. Qiroah
B. Sima’i
C. Ijazah
D. Talqin
E. Munawalah
A. Qiroah
B. Sima’i
C. Ijazah
D. Talqin
E. Munawalah
42) Diantara lafadz yang
digunakan dalam metode sima’i adalah….
A. Yasma’una
B. Yandluruna
C. Man ro’a
D. Haddatsani
E. Katabani
A. Yasma’una
B. Yandluruna
C. Man ro’a
D. Haddatsani
E. Katabani
43) Hadist yang menurut
kuantitas perawinya banyak, tidak mungkin mereka sepakat untuk berdusta
dinamakan….
A. Mutawatir
B. Hasan shohih
C. Mustafidl
D. Masyhur
E. ‘Azis
A. Mutawatir
B. Hasan shohih
C. Mustafidl
D. Masyhur
E. ‘Azis
44) Jika ditinjau dari kualitas
sanad, semua perawi dan matan hadist tidak ada catatannya, dinamakan…..
A. Shohih
B. Dhoif
C. Hasan
D. Ghorib
E. ‘Azis
A. Shohih
B. Dhoif
C. Hasan
D. Ghorib
E. ‘Azis
45) Ada pada salah satu
tingkatan sanad, hanya seorang saja, sekalipun pada tingkat guru-gurunya maupun
muridnya berjumlah banyak, disebut….
A. Mustafidl
B. Masyhur
C. Mutawatir
D. ‘Azis
E. Ghorib
A. Mustafidl
B. Masyhur
C. Mutawatir
D. ‘Azis
E. Ghorib
46) Umar bin Khattab berkata,
"Rasulullah, bila telah mengangkat kedua tangannya pada waktu berdoa,
belum menurunkan keduanya sebelum menyapukan keduanya itu ke mukanya"
(H.R. Turmudzi)
Hadist ini lebih dari 100 hajad, tetapi disebut….
A. Masyhur Jali
B. Mutawatir Lafdli
C. Mustafidl ‘alaih
D. Hasan shohih
E. Mutawatir ma’nawi
Hadist ini lebih dari 100 hajad, tetapi disebut….
A. Masyhur Jali
B. Mutawatir Lafdli
C. Mustafidl ‘alaih
D. Hasan shohih
E. Mutawatir ma’nawi
47) Daya ingat setiap orang
berbeda, kebetulan setiap sanad sampai rawi, mereka itu adil dan tsiqqoq, maka
hadist yang mereka riwayatkan adalah….
A. Dhoif
B. Shohih
C. Hasan
D. Hasan Shohih
E. Maudlu’
A. Dhoif
B. Shohih
C. Hasan
D. Hasan Shohih
E. Maudlu’
48) Ada seorang pemalsu
hadist, terlibat dalam meriwayatkan hadist, maka hadistnya disebut….
A. Maudlu’
B. Hasan
C. Shohih
D. Musnad
E. Ma’ruf
A. Maudlu’
B. Hasan
C. Shohih
D. Musnad
E. Ma’ruf
49) Lafazh yang disandarkan kepada
Allah ta'ala, diperoleh oleh Nabi melalui ilham dan boleh diriwayatkan dengan
maknanya saja disebut dengan hadis ....
A. Wahyu yang bukan ayat Qur’an
B. Hadist hasan shohih
C. Hadist mutawatir lafdli
D. Hadist mutawatir ma’nawi
E. Hadist qudsi
A. Wahyu yang bukan ayat Qur’an
B. Hadist hasan shohih
C. Hadist mutawatir lafdli
D. Hadist mutawatir ma’nawi
E. Hadist qudsi
50) "Bersikaplah terhadap
dunia ini seolah-olah engkau tak pernah berada di atasnya, dan bersikaplah
terhadap akhirat seolah-olah engkau tidak akan keluar-keluar dari dalamnya.
..."
Qoul diatas adalah dari tabi’in sehingga hadistnya disebut….
A. Muallaq
B. Mudollas
C. Munqothi’
D. Manqut
E. Maqthu’
Qoul diatas adalah dari tabi’in sehingga hadistnya disebut….
A. Muallaq
B. Mudollas
C. Munqothi’
D. Manqut
E. Maqthu’
51) Diterimanya suatu hadist
(maqbul) itu harus diterima periwayatanya, yang tidak termasuk persyaratan
diterimanya….
A. Fullan, adil dobith
B. Kanna musliman ‘aqilan balighon shalimah tisqi
C. Kanna shaliman minhawadimil muru’ah
D. Fullan laiyin ansiyal hifdli
E. Kanna fullanan ghoira mughfilan
A. Fullan, adil dobith
B. Kanna musliman ‘aqilan balighon shalimah tisqi
C. Kanna shaliman minhawadimil muru’ah
D. Fullan laiyin ansiyal hifdli
E. Kanna fullanan ghoira mughfilan
KUNCI JAWABAN
NO
|
JAWABAN
|
NO
|
JAWABAN
|
1
|
E
|
26
|
A
|
2
|
A
|
27
|
D
|
3
|
C
|
28
|
A
|
4
|
C
|
29
|
A
|
5
|
D
|
30
|
D
|
6
|
A
|
31
|
E
|
7
|
E
|
32
|
B
|
8
|
A
|
33
|
A
|
9
|
D
|
34
|
A
|
10
|
A
|
35
|
A
|
11
|
E
|
36
|
D
|
12
|
B
|
37
|
B
|
13
|
D
|
38
|
C
|
14
|
B
|
39
|
D
|
15
|
D
|
40
|
D
|
16
|
B
|
41
|
D
|
17
|
B
|
42
|
D
|
18
|
D
|
43
|
A
|
19
|
B
|
44
|
A
|
20
|
A
|
45
|
E
|
21
|
A
|
46
|
E
|
22
|
A
|
47
|
B
|
23
|
A
|
48
|
A
|
24
|
C
|
49
|
E
|
25
|
B
|
50
|
E
|
32. Segala yang diriwayatkan dari nabi dengan Himmah
karaktaristik,sejarah kelahiran dan kebiasaan beliau. Pengertian tersebut
dikemukakan oleh..
a. Ulama’ Ushul Fiqh b.
Ulama’ hadis c. Dr. Muhammad
abdurrauf
d.Imam Syafii e.
Muhammad abduh
BalasHapusشكرا جزيلا
syukron katsir... izin copas ya..
BalasHapussyukron akhi
BalasHapusSyukron.. ijin copas ya
BalasHapussyukron akhi
BalasHapusizin copas
BalasHapus